akatsuki

NEOPLAN merek pabrikan pembuat rancang bangun bus yang berpusat di Muenchen, Jerman. Neoplan anak perusahaan dari NEOMAN BUS Gmbh yang menghasilkan bus dengan desain futuristik dan inovatif, baik untuk bus antarkota, buskota, bus antarnegara, hingga bus apron dengan jaringan tersebar di 200 negara, dengan konsep perusahaan berwawasan global. Neoplan juga sebagai pelopor dalam perencanaan dan desain bus yang independen, aman, dan nyaman dengan orientasi tradisi yang berkelas (VIP Class).

Salah satu jenis bus yang dihasilkan Neoplan adalah bus yang menggunakan suspensi udara, yang saat ini semakin banyak digunakan di Indonesia. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah, seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk menikmati armada bus yang nyaman di tanah air.

Bus jenis ini hadir khusus bagi konsumen bus yang menginginkan kenyamanan untuk perjalanan. Dengan ruang yang lebih lapang dan luas, Neoplan juga dinobatkan sebagai bus air suspension pertama di Indonesia.

Neoplan, salah satu produk unggulan keluaran karoseri Adiputro, dengan lisensi dari Neoplan Jerman. Sebuah bus bagi konsumen yang menginginkan armada bus dengan cita rasa berbeda dalam perjalanan, baik untuk kalangan tua maupun muda, yang mengharapkan kenyamanan.

Dahulu konsumen bus di Indonesia menghadapi gangguan kenyamanan saat menempuh perjalananan melewati jalan di Indonesia yang tidak semuanya mulus. Dengan Neoplan, jalan yang tidak mulus tidak memengaruhi kenyamanan penumpangnya.

Dengan ciri desain hidung yang lebih mancung ke depan, untuk menyembunyikan kipas pembersih kaca depan bus, ditambah dengan tiga lampu depan di kiri dan kanan, bus desain Neoplan benar-benar futuristik.

Empat buah balon udara sebagai suspensi di setiap as rodanya memberikan sentuhan kenyamanan, baik untuk perjalanan jauh maupun dekat. Lampu belakang bus dengan mika besar ciri khas Karoseri Adiputro, Malang, Jawa Timur ini tersusun rapi, menjadikan sosok bus Neoplan kian elegan untuk dipandang.

Bus ini terdiri dari 43 tempat duduk penumpang dengan konfigurasi 2-2 yang recleaning seat yakni dua penumpang di deretan kiri dan dua penumpang di deretan kanan. Bus ini dilengkapi dengan televisi dan audio Pioneer untuk menemani perjalanan Anda sambil berkaraoke.

Neoplan hadir di Indonesia mengusung mesin Mercedes Benz OM 366 LA Turbo intercooler yang biasa digunakan untuk tipe chasis Mercedes Benz OH 1521. Sedangkan untuk chasis, Neoplan menggunakan teknologi monocoque, yakni tidak ada dasar chasis panjang bus sebagaimana umumnya, melainkan berupa dua frame utama yaitu satu untuk sumbu depan dan satu untuk sumbu belakang yang dirangkai menjadi satu kesatuan menjadi sebuah bus.

Bus buatan tahun 1999 dengan karoseri Adiputro ini pada awalnya digunakan untuk trayek reguler Jakarta-Surabaya-Malang dengan kelas executive plus toilet di dalamnya. Namun saat ini digunakan sebagai bus pariwisata minus toilet oleh operator Pahala Tour di bawah payung Grup Pahala Kencana, untuk melayani konsumen di kelas VIP.

Image

Monocoque

DALAM bahasa Prancis berarti satu rangkai yakni suatu teknik konstruksi yang terangkai untuk menutupi secara sebagian atau keluruhan isi. Hal ini berbeda dengan penggunaan chasis internal yang ditutupi dengan desain panel bodi.

Untuk mengetahui konstruksi monocoque di kendaraan ini, cukup dengan memerhatikan bahan-bahan di sekitar kaca jendela, atau pintu yang telah diperkuat dengan material tambahan yang lebih kuat, seperti yang terbuat dari serat karbon atau bahan lain yang lebih kuat.

Perhatian utama dalam konstruksi ini yaitu distribusi bobot yang merata, mengurangi celah terjadinya korosi, mengurangi beban kerja pembuatan. Kalau dibandingkan dengan tipe konstruksi lain, yang mengunakan bodi ditempelkan ke rangka, kendaraan dengan konstruksi monocoque lebih mahal dan kuat. Desain monocoque memberikan penampilan yang lebih memesona.

Untuk bus, pertama kali menggunakan konstruksi monocoque adalah Neoplan di tahun 1988, dengan nama Metroliner. Neoplan membuat bus tanpa menggunakan chasis yang lebih umum digunakan untuk konstruksi bus. Dengan desain yang lebih futuristik, menambah dinamika dunia otomotif, khususnya bus, sehingga lebih menarik lagi dengan desain-desain yang menawan.

Bus Sistem Suspensi Udara

Sistem suspensi bus didesain dan dibuat untuk memberikan kenyamanan, kepuasan, pengendalian yang prima, dan aman baik bagi pengemudi, penumpang, juga kendaraan lain. Untuk bus biasa dikenal sistem pegas daun besi. Sistem suspensi ini terdari atas lembaran besi yang disusun sedemikian rupa, untuk memeroleh kestabilan dan berkendara.

Untuk memberikan kenyamanan sehingga didapat rasa lembut dalam meredam guncangan, dalam kendaraan dikembangkan sistem suspensi udara. Sistem suspensi udara menggunakan balon yang berisi udara untuk suspensinya,. menggantikan pegas besi,. sehingga diperoleh performa dan pengendalian yang lebih baik.

0 Responses

Posting Komentar