akatsuki

Mesin Kecil, Namun Tetap Bertenaga Print
Monday, 19 May 2008

ImageSeiring dengan mulai meningkatnya harga bahan bakar minyak dan kesadaran pengguna transportasi akan kendaraan yang ramah lingkungan Mercedes Benz Distribution Indonesia pada bulan Mei tahun 2008 ini kembali menghadirkan chasis bus seri terbaru yakni New OH 1518.

ImageDeputy Director Commercial Vehicle & Sales Engineering PT Mercedes Benz Distribution Indonesia, Christian Zeckel menyatakan dalam sambutannya dalam acara peluncuran bus New OH 1518 Euro 3 di Adedanmas-salah satu dealerHorse Power) berpadu dengan chasis bus yang dapat menopang berat sekitar 15 ton. New OH 1518 merupakan refleksi kemajuan teknologi mesin diesel yang dikembangkan Mercedes Benz dan telah memenuhi standar emisi Euro 3. ”Kami yakin konsumen di Indonesia akan menyadari manfaat dan keuntungan dari seri terbaru ini,” lanjutnya. Mercedes Benz di Jakarta, bus New OH 1518 Euro 3 menawarkan konsep bus dengan mengedepankan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dengan mesin Mercedes Benz OM 904 LA dengan konfigurasi 4 silinder segaris berbahan bakar diesel mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 HP (

ImageImageAcara peluncuran bus New OH 1518 Euro 3 juga dilakukan road test dengan mengambil rute Lebak Bulus – Taman Safari Cisarua, Bogor. Rute yang dilalui dipilh untuk menguji kemampuan bus ini saat menghadapi tanjakan kearah daerah Puncak, Jawa Barat. Di jalan tol dalam kota dan jagorawi cukup baik akselerasinya walaupun mesin yang digunakan hanya sebesar 4.300 cc dilengkapi dengan turbo charge dan intercooler. Saat memasuki tanjakan Cisarua bus ini tetap dapat melewati medan tanjakan dengan cukup baik, namun si pengemudi harus dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan karakter baru mesin Mercedes Benz yang sistem kerja injeksinya diatur secara elektronis tak jauh berbeda dari ”kakaknya” seri OH 1525 yang telah lebih dahulu beredar di Indonesia.

ImageMesin Mercedes Benz OM 904 LA yang digunakan pada bus New OH 1518 Euro 3 ini sebenarnya juga telah diperkenalkan kepada konsumen di Indonesia. Mesin ini sama dengan produk chasis bus Mercedes Benz OF 8000. Perbedaan hanya dilakukan pada ECU (Electronic Control Unit) atau biasa disebut istilah ”adm” yang dikonfigurasi ulang agar dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Posisi mesin diletakkan pada bagian belakang chasis. Konfigurasi lainnya yang dilakukan Mercedes Benz untuk chasis bus baru ini yakni penyesuaian perbandingan gigi transmisinya untuk mencapai tingkat performance yang memadai untuk kondisi medan di Indonesia.

ImageSelain itu pada kesempatan ini pula PT Rahayu Santosa selaku perusahaan karoseri yang memproduksi bodi bus New OH 1518 Euro 3 juga memperkenalkan seri terbarunya. Dengan dasar model sebelumnya ”Evolution” yang cukup diminati konsumen, kini hadir kembali seri terbarunya. Perbedaan utama dilakukan pada perubahan penggunaan lampu depan dan belakang. Lampu depan lebih kecil dengan desain lebih ramping dengan sorot lampu bermotif bulat sedangkan lampu belakang dengan desain mirip sirip 3 buah. Sedangkan model kaca samping kiri kanan tak jauh berbeda dari seri Evolution sebelumnya.
0 Responses

Posting Komentar